The Kids Are All Right, Kisah Keluarga Lesbian

Dalam The Kids Are All Right, sebuah film bagus garapan Lisa Cholodenko, anak-anak terlihat lebih dewasa dan bijaksana ketimbang orang dewasa yang bertanggung jawab terhadap mereka. Cholodenko dengan sangat anggun menjalin kejujuran yang blak-blakan dalam sebuah dongeng keluarga modern yang berusaha bertahan menghadapi sebuah perubahan.

Annete Bening dan Julianne Moore memerankan Nic dan Jules, sepasang lesbian yang membesarkan 2 anak remaja bernama Laser yang berusia 15 tahun (Josh Hutcherson) dan Joni (Mia Wasikowska) yang sudah 18 tahun. Ketenangan keluarga ini mulai terganggu ketika Laser dan Joni ingin mencari pria yang merupakan ayah biologis mereka. Sebagai informasi, Nic dan Jules donor sperma untuk hamil dan masing-masing melahirkan satu anak. Paul (Mark Ruffalo), seorang pengusaha restoran organik yang kharismatik dan bergaya hippie, ternyata merupakan sang pendonor sperma.
Semua tentang film ini terasa sangat akurat dan mulus. Mulai dari dialog sampai ke musical score. Film ini tidak semata-mata menunjukkan sepasang lesbian yang mempunyai keluarga tetapi lebih menitikberatkan pada masalah dan dilema yang mungkin saja dialami oleh keluarga konvensional. Cholodenko juga menyuguhkan naik turunnya emosi yang biasa dialami oleh remaja manapun juga, bukan cuma remaja yang mempunyai sepasang lesbian sebagai orang tua.

2 aktris terbaik di masanya memberikan penampilan kaliber Oscar. Bening tampil luar biasa sebagai dokter workaholic yang punya kemauan keras walaupun rapuh secara emosional. Moore tampil sempurna sebagai landscape designer yang punya pemikiran terbuka.

Ruffalo menunjukkan kedalaman peran sebagai seorang pria berkeinginan bebas. Dia berhasil membawakan karakter Paul yang tampan mempesona walaupun agak kekanak-kanakan. Hutcherson dan Wasikowska bermain bagus dan meyakinkan sebagai remaja sensitif dan sibuk mencari jatidiri mereka.

Ide tentang sepasang lesbian yang membesarkan anak memang terdengar sangat liberal dan sulit diterima di Indonesia. Bagaimanapun, The Kids Are All Right tetaplah sebuah film bagus dengan pesan yang bagus pula. Bahwa seorang anak tidak boleh dihalangi untuk mencari tahu tentang asal-usulnya.

Sutradara : Lisa Cholodenko
Skenario : Lisa Cholodenko, Stuart Blumberg
Pemain : Annette Bening, Julianne Moore, Mark Ruffalo, Josh Hutcherson, Mia Wasikowska
source: http://www.usatoday.com/life/movies/reviews/2010-07-09-kidsareallright09_ST_N.htm?csp=IMDBreviews

No comments:

Post a Comment