Green Zone, Kebohongan Abad Ini

Jika saja dunia benar-benar memiliki sosok seperti Army Chief Warrant Roy Miller (Matt Damon) dalam kekisruhan mengenai senjata pemusnah massal (Weapon of Mass Destruction - WMD). Premis seorang patriot jujur yang menemukan kebenaran dan mempublikasikannya adalah sesuatu yang hanya ada di angan-angan dan juga di film ini, Green Zone.

Film ini bukanlah sebuah dokumenter, tetapi didasarkan pada buku nonfiksi berjudul Imperial Life in the Emerald City tulisan wartawan Washington Post bernama Rajiv Chandrasekaran. Buku itu bercerita tentang awal perang irak dan kekacauan yang terjadi setelahnya.
Anehnya, film ini dipublikasikan seakan-akan sebagai film Bourne yang keempat. Hal ini bisa dimengerti mengingat Damon kembali bekerjasama dengan sutradara dua film Bourne, Paul Greengrass. Kerja mereka dalam The Bourne Supremacy dan The Bourne Ultimatum menghasilkan film action beroktan tinggi.

Tetapi, Green Zone tidak mencapai standar Bourne. Plotnya tidak sebagus Bourne dan karakter-karakter yang ada digambarkan secara hitam putih. Sangat gamblang. Pengambilan gambar yang dilakukan Greengras terkadang membuat kita pusing. Dialog yang ditulis oleh Brian Helgeland bisa ditebak sebelumnya. Misalnya, kalimat "The world is watching" atau "I just want to help my country".

Kisah ini ber-setting tahun 2003 pada awal pendudukan Amerika di Irak. Miller ditugaskan untuk mencari WMD, sebuah tugas yang selalu berakhir sia-sia karena Miller tidak pernah menemukan apa-apa. Awalnya, Miller mengira ada kesalahan data intelijen sampai akhirnya dia menemukan kebenaran.

Akting Damon adalah penampilan kelas satu, tetapi bakat Amy Ryan - yang memerankan wartawan Wall Street Journal - tersia-siakan. Penampilan yang bagus justru datang dari Khalid Abdalla yang memerankan seorang warga Irak dan sangat terguncang melihat invasi Amerika ke negaranya. "It's not for you to decide what happens here." adalah kata-kata mengesankan yang diucapkan karakter Abdalla kepada Miller.

Green Zone mengungkap fakta kebohongan yang dilakukan oleh pemerintah Amerika. Memang, tema ini sudah basi saat film diluncurkan. Tetapi film ini bisa kembali mengingatkan pemerintah manapun agar tidak mengulangi kesalahan yang dilakukan oleh rezim Bush.

Sutradara : Paul Greengrass
Skenario : Brian Helgeland
Pemain : Matt Damon, Khalid Abdalla, Amy Ryan
Rating : 3.5/5

1 comment: