Takers, Para Perampok Keren

Sutradara Takers, John Luessenhop, sangat jelas terpengaruh karya sutradara action, Michael Mann. Dengan setting di downtown Los Angeles dan dunia yang terdiri dari penjahat dan polisi keras. Film tentang pencurian ini bagaikan sebuah versi generik dari Heat. Dengan dialo-dialog yang klise, Takers lebih mengandalkan pada visula berupa pemandangan bagus, mobil mewah nan kencang, serta pakaian gemerlapan daripada substansi.

Jika tidak sedang merampok, 5 penjahat tampan yang menjadi sentral cerita sangat menikmati fashion, minuman mahal, cerutu Kuba, dan bermalas-malasan di penthouse. Bahkan ada momen yang membuat mereka pantas menjadi model pakaian dalam Calvin klein.
Takers dibuka dengan adegan perampokan bank yang rumit dipimpin oleh Gordon, (Idris Elba). Komplotannya meliputi sahabatnya John (Paul Walker), 2 bersaudara Jesse dan Jake (Chris Brown dan Michael Ealy). dan anak "gaul" AJ (Hayden Christensen). Sang casting director patut dipuji karena berhasil mengumpulkan nama-nama yang kelihatannya sulit untuk bergabung dalam sebuah film.

Film ini lumayan berhasil menyajikan beberapa scenes dengan sentuhan orisinal. Misalnya saja pembajakan helikopter stasiun TV untuk dijadikan kendaraan melarikan diri, jalanan ramai yang meledak dan lubang uang muncul mengakibatkan sebuah truk terjun ke dalamnya.

Para perampok keren ini dikejar oleh anggota LAPD yang berdedikasi, Jack (Matt Dillon) dan Eddie (Jay Fernandez. Terkesan, hanya merekalah polisi ideal di Southern California. Jack mempunyai masalah pribadi yang mengacaukan hidupnya (sangat klise, bukan?) dan dia sering menantang bahaya, misalnya mengajak putrinya dalam pengejaran dengan mobil.

Karakter-karakter di film ini sangat monoton. Mulai dari mafia Rusia yang amat tipikal sampai ke Ghost (Tip "TI" Harris), bekas anggota gang yang baru keluar dari penjara dan merencanakan sebuah pekerjaan besar. Elba tampil dengan intensitas yang tepat.

Secara umum, usaha sang sutradara untuk menyajikan laga terlihat berlebihan. Misalnya saja adegan tembak-tembakan secara slow motion yang berlarut-larut dan volume ilustrasi musik yang terlalu besar.

Sutradara : John Luessenhop
Penulis : Peter Allen, Gabriel Casseus, John Luessenhop, Avery Duff
Pemain : Chris Brown, Hayden Christensen, Matt Dillon
Rating : 2.5/10

Download Wallpaper Takers

No comments:

Post a Comment