The Next Three Days, Action atau Bukan?

The Next Three Days adalah sebuah drama yang bersinggungan dengan konsep action-thriller. Seorang pria biasa, John Brennan (Russel Crowe) sangat frustrasi saat istrinya, Lara Brennan (Elizabeth Banks) dituduh melakukan pembunuhan yang tidak pernah dia lakukan. John lalu memutuskan untuk membebaskan sang istri dari penjara. Plot seperti ini sebenarnya merupakan resep dari film laga yang menghibur, memuaska, dan memacu adrenalin.

Tetapi sutradara sekaligus penulis skrip Paul Haggis tidak memaksakan cerita ke arah yang sudah jelas ini. Sebaliknya, dia membawa film menjadi lebih serius dan tetap menjaga cerita agar tetap masuk akal. Haggis bertanya, bagaimana perasaan seorang pria jika istrinya yang tidak bersalah dipenjara tanpa ada kesempatan untuk bebas? Bagaimana jadinya dengan sang istri?

Haggis menjawab pertanyaan-pertanyaan tadi dengan jujur dan bersungguh-sungguh, tetapi dia juga harus memperhatikan struktur cerita secara menyeluruh. Pendekatan ini tidak mudah untuk film action tetapi malah memberi ruang bagi para pemeran untuk bermain secara otentik.

Sebagai istri, Banks tampil sangat pintar, penuh percaya diri, dan gairah sehingga orang-orang percaya bahwa dia sanggup membunuh. Setelah berada dalam penjara, dia memperlihatkan perkembangan karakter yang menarik. Dari sosok yang filosofis dan bersih menjadi penuh takut dan putus asa, lalu menjadi dingin dan terombang-ambing secara spiritual. Haggis membuat kita bisa melihatnya menjadi suram dan mengalami kemunduran secara psikologis.

Kegemilangan Banks membuat segalanya menjadi mudah bagi Crowe. Dia dengan bagus menampilkan sosok suami yang merasakan ketidakadilan dan frustrasi karena gagal melindungi istrinya. Di satu sisi kita bisa merasakan Crowe yang sensitif tetapi di sisi lain kita juga merasakan kemarahan yang amat dalam, seperti yang dia tampilkan dalam Gladiator.

Haggis menulis adegan-adegan yang bagus, memilih pemeran yang juga bagus, dan menampilkan banyak momen efektif sehingga film ini layak ditonton. Masalahnya, Haggis terjebak dalam memperlakukan film. The Next Three Days terlalu ringan untuk menjadi film drama tetapi terlalu serius untuk mengharapkan Crowe menghajar orang-orang.

Sutradara : Paul Haggis
Skenario : Paul Haggis
Pemain : Russel Crowe, Elizabeth Banks

http://www.sfgate.com/cgi-bin/article.cgi?f=/c/a/2010/11/19/MVD01GCVN4.DTL

No comments:

Post a Comment