Devil, Saat Iblis Mengancam

Kali ini sebuah film horor diangkat oleh Resensi Film Bagus. Berjudul Devil, film yang ditulis oleh M Night Shyamalan dan disutradarai oleh Erik John Dowdle ini mengetengahkan Lucifer alias Iblis sebagai salah satu karakternya. Sekumpulan orang terjebak dalam lift yang mendadak saja rusak. Mereka adalah seorang salesman jorok (Geoffrey Arend), seorang satpam (Bokeem Woodbine), penambang emas (Bojnan Novakovic), mekanik yang selalu cemberut (Logan Marshall Green), dan seorang wanita angkuh (Jenny O'Hara). Saat lift berhenti bergerak, mereka mulai ribut dan bertengkar sehingga terjadilah kekerasan. Ketika mulai ada yang terluka, Detektif Polisi Bowden (Chris Messina) pun terlibat dengan mengawasi melalui CCTV. Dibantu petugas keamanan yang religius, Bowden menyimpulkan bahwa salah satu yang terjebak dalam lift adalah Iblis, yang perlahan-lahan mulai "mengambil" satu-persatu para korban.

Devil bisa dibilang gagal sebagai film horor karena tidak menegangkan dan tidak juga menakutkan, momen terbaik di film ini tidak bisa dibilang menarik. Dowdle gagal menangani material yang ada, dia lebih fokus pada suasana muram dan teriakan ketimbang mencari sesuatu yang lebih dalam dan menakutkan. Film ini juga gagal untuk menciptakan perasaan frustrasi karena terasing, padahal karakter-karakter yang ada terkurung dalam ruang sempit.

Karakterisasi juga biasa saja, hanya peran Chris Messina yang bisa menjadi highlight. Messina sanggup menggabungkan masa lalunya yang tragis dengan keinginan untuk melakukan penebusan dalam penampilan yang apik. Karakter lainnya tenggelam karena penulisan yang lemah dan juga akting yang pas-pasan. Tidak ada karakter yang bisa menimbulkan empati sehingga penonton bisa saja rela jika mereka menjadi korban Lucifer.

Elemen misteri dipecahkan secara cekatan, mengungkapkan kenyataan yang mengejutkan secara moral. Tetapi, film ini agak membosankan dan sedikit memaksakan untuk sampai ke titik itu. Dowdle juga seharusnya memberi perlakuan yang lebih baik, terutama di bagian pertengahan yang terlihat lunak. Secara umum, Devil adalah film yang mudah dilupakan.

Sutradara : Erik John Dowdle
Skenario : M. Night Shyamalan
Pemain : Geoffrey Arend, Bokeem Woodbine, Bojnan Novakovic, Logan Marshall-Green, Jenny O'Hara, Chris Messina

http://danlandmovies.blogspot.com/2010/10/movie-review-devil.html


3 comments:

  1. dari bbrp film night shyamalan,devil termasuk yg oke!

    ReplyDelete
  2. film devil ini termasuk beda dgn film sejenisnya...kuat dari segi cerita satu sama lain saling keterkaitan..seolah olah kita sebagai penonton di ajak atau menerka nerka siapa yg jadi DEVIL nya..dgn kesederhanaan tersebut film ini mampu menjadi daya tarik sendiri bagi penikmat film termasuk saya dibikin penasaran olehfilm tersebut

    ReplyDelete