When You're Strange: A Film About the Doors, Morrison Tak Pernah Mati

Resensi Film Bagus kali ini memilih sebuah film dokumenter berjudul When You're Strange: A Film About The Doors, sebuah film yang akan membuat anda percaya bahwa Jim Morrison tidak pernah mati.

Tidak ada satu hal pun tentang vokalis The Doors yang terlihat kuno atau samar-samar dalam film dokumenter yang menarik ini. Terutama saat banyak orang masih takjub terhadap sosok Morrison yang muda dan segar.

Sementara dikenal sebagai motor The Doors sekaligus simbol semangat perlawanan di tahun 60-an, Morrison mempunyai "rival" yang sangat signifikan - ayahnya sendiri. Sang ayah, seorang perwira Angkatan Laut yang bertempur di Vietnam, memaksa Morrison berhenti bermusik karena dianggap tak berbakat.

When You're Strange menampilkan bakat Morrison dan juga spirit antimapan-nya melalui cuplikan-cuplikan yang diklaim sebagai "never seen before". Kita tidak melihat terlalu banyak porsi tentang teman-temannya di The Doors, Ray Manzarek, Robby Krieger, dan John Densmore, walaupun mereka sesungguhnya musisi yang berpengaruh di dalam band.

Coverage lengkap dan menyeluruh bukanlah point dari film ini. Sebaliknya, film lebih banyak menampilkan arsip berupa footage menarik tentang pertunjukan di masa-masa awal, konser, dan sesi dalam studio. Tidak ada pakar yang berbicara layaknya film dokumenter.

Penulis/sutradara Tom DiCillo agak berlebihan dengan retorikanya, menjelaskan Morrison sebagai "an ancient shaman". Narasi terukur oleh Johnny Depp mampu mengimbangi ke-lebay-an DiCillo ini.

Dokumenter ini tidak mencoba memecahkan misteri seputar kematian Morrison yang di Paris pada usia 27. Tetapi kegemarannya akan alkohol dan narkotika tetap ditampilkan. DiCillo mengakhiri film dengan kematian Morrison tetapi tidak menjelaskan tentang The Doors setelahnya, popularitas kemudian, dan peran penting mereka dalam sejarah rock.

The Doors menyulut api rock n' roll hanya selama 54 bulan, setelah dibentuk oleh Morrison dan Manzarek saat mereka belajar film di UCLA. Kita bisa melihat mereka sebagai teman nge-band yang akrab saat melihat footage di tempat latihan atau belakang panggung.

Beberapa adegan berpotensi membingungkan. Cuplikand dari HWY, film eksperimental buatan Morrison tahun 69, bercampur dengan footage milik The Doors. Tanpa penjelasan, adegan-adegan itu bisa saja dikira sebuah rekontstruksi dengan menampilkan aktor yang berperan sebagai Morrison. Suasana muram terasa ketika cuplikan dari HWY menampilkan Morrison di jalan ditingkahi suara penyiar radio yang mengabarkan kematiannya. Footage-footage langka seperti ini yang membuat When You're Strange menjadi menarik.

Sutradara : Tom DiCillo
Penulis : Tom DiCillo
Pemain : Johnny Depp (narasi), The Doors

http://www.usatoday.com/life/movies/reviews/2010-04-09-strange09_ST_N.htm?csp=IMDBreviews

Pastikan kamu like Facebook kami. So, kamu tidak akan melewatkan update dan resensi baru dari kami.
thumbnail
Judul: When You're Strange: A Film About the Doors, Morrison Tak Pernah Mati
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Dokumenter :

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz