Monsters, Alien di Padang Meksiko

Monsters, sebuah cerita alien yang diawali dengan jatuhnya ekspedisi NASA di Meksiko 6 tahun yang lalu. Ekspedisi ini membawa sampel kehidupan ekstra terestrial alias alien. Jurnalis foto Andrew Kaulder (scoot McNairy) berada dalam zona bahaya. Penugasannya mendadak berubah ketika ia diperintahkan untuk mengawal putri bosnya, Sam (Whitney Able), melewati daerah berbahaya menuju perbatasan AS yang aman dari alien.

Layaknya film alien yang lain, Monsters adalah hibrida dari adventure, sci-fi, dan kemunculan makhluk asing, dengan penekanan pada pembentukan mood penonton. Alam liar Meksiko berhasil menjadi latar yang bagus untuk aksi-aksi yang terjadi saat Andrew menjalankan tugasnya mengawal dan melindungi Sam. Visi penulis/sutradara Gareth Edward yang menjadikan lokasi sebagai pendorong cerita bisa dibilang tidak lazim. Hasilnya ternyata cukup menarik.

Di awal-awal film, premis yang mendasari film ini ditampilkan dengan gurita terbang berukuran raksasa yang mendemonstrasikan kekuatannya. Alien yang turut serta dalam jatuhnya ekspedisi NASA 6 tahun sebelumnya berubah menjadi penguasa di daerah yang dikenal sebagai The Infected Zone. Dengan tentakel yang mampu menghancurkan apapun, mereka mengaum layaknya singa tetapi dengan nada tinggi seperti lumba-lumba. Sebuah efek yang jelas merupakan hasil dari anggaran yang rendah.

Kita lalu bertemu dengan sang protagonis, Andrew Kaulder, yang pekerjaannya mendokumentasikan tragedi melalui lensa kameranya sehingga dapat dipahami kenapa dia berada di daerah bahaya. Yang tidak jelas adalah kenapa Sam menempatkan dirinya dalam situasi genting seperti itu walaupun kita mendapat kesan bahwa dia tengah menghadapi masalah pribadi.

Dilaporkan menjalin hubungan cinta selama proses shooting, McNairy dn Able tidak bisa dibilang gagal, terutama Able yang berhasil menyuguhkan daya tarik naturalnya. Karakter lokal Meksiko cukup berhasil menambahkan otentisitas ke dalam petualangan Andrew dan Sam. Secara keseluruhan, Monsters adalah road movie inovatif dengan twist apokaliptik.

Sutradara : Gareth Edwards
Skenario : Gareth Edwards
Pemain : Scoot McNairy, Whitney Able

sumber: http://www.urbancinefile.com.au/home/view.asp?a=17384&s=Reviews

1 comment: