The Experiment

Kali ini, yang mendapat kesempatan dibuat resensinya adalah film yang lumayan bagus berjudul The Experiment. Film ini adalah remake dari Das Experiment produksi Jerman tahun 2001. The Experiment bercerita tentang 26 orang yang terpilih untuk berpartisipasi dalam sebuah penelitian dengan berperan sebagai sipir penjara dan narapidana. Penelitian ini mempelajari perilaku agresif dalam sebuah penjara artifisial dan benar-benar pernah dilakukan di penjara Stanford tahun 1971. Para responden dibagi perannya secara acak tetapi kemudian penelitian ini menjadi kacau.
Walaupun brutal, film ini brilian dalam mengeksplorasi sifat dasar manusia, naluri, dan pertentangan moral. Masalahnya, layaknya sebuah remake ala Hollywood, film ini terlalu mengandalkan nama besar para aktornya, serta terlalu fokus pada adegan fighting dan sudut pengambilan gambar yang sebenarnya cantik. Hal yang paling penting, karakterisasi dan pengembangan karakter yang merupakan inti dari film ini, kurang digarap secara mendalam. Tensi antar karakter juga kurang tinggi yang membuat orisinalitas film ini tidak terlalu terlihat.

Mengenai masalah akting, rasanya Adrien Brody bermain cukup baik. Cam Gigandet juga terlihat nakal seperti biasanya. Sebaliknya, Forest Whitaker bermain sangat buruk. Seperti biasa, dia berakting seperti orang yang mengalami kesulitan untuk berbicara membuat siapapun akan merasa terganggu mendengarnya. Dari resensi tadi bisa disimpulkan bahwa The Experiment bisa menjadi pilihan jika anda mengharapkan sebuah film yang enjoyable. Tidak lebih...

Sutradara : Paul Scheuring
Skenario : Paul Scheuring
Pemain : Adrien Brody, Cam Gigandet, Forest Whitaker
Rating IMDB : 6.3/10

No comments:

Post a Comment