(500) Days of Summer, Romantic Comedy yang Segar

Seperti yang dilakukan oleh film Annie Hall beberapa waktu yang lalu, (500) Days of Summer dengan sangat baik menangkap sensibilitas dari sebuah romansa kontemporer. Rasanya sulit untuk membayangkan romantic comedy yang lebih menyenangkan, lebih jenaka, lebih baik dari segi akting, dan lebih inventif ketimbang film ini.

Yang membedakan (500) Days of Summer dari romantic comedy lainnya adalah kemampuannya untuk secara halus mengejek kebiasaan yang ada dan cerita menyentuh yang disajikan dengan sebuah cara yang inovatif dan menyejukkan bagai
semilir angin. Film ini juga secara unik menyajikan segmen dengan layar terbagi 2 (split screen), di mana satu screen menyajikan "realita" dan layar lainnya menghidangkan "ekspektasi".

Joseph Gordon-Levitt sangat bagus sebagai Tom, penulis kartu ucapan berusia 20-an yang mempunyai impian-impian artistik. Summer, yang menjadi judul film, tidak mengacu pada musim melainkan sebuah karakter yang menjadi obyek gairah Tom dan dimainkan dengan sangat baik oleh Zooey Deschanel. Tom dan Summer merupakan 2 pribadi yang berbeda terutama tentang cara pandang tentang cinta. Summer tidak percaya akan cinta sedang Tom selalu mencari "the one" dan percaya dia tidak akan bahagia sebelum menemukannya. Selama setahun lebih Tom tersiksa karena sikap Summer yang skeptikal ini.

Gordon-Levitt dan Deschanel sanggup menampilkan sosok pasangan yang menarik dan meyakinkan dengan chemistry yang sungguh kuat terjalin.

(500) Days of Summer adalah sebuah kisah "retak" yang disajikan menurut sudut pandang Tom. Sejak awal kita diperingatkan bahwa ini bukanlah sebuah love story. Adegan-adegannya bolak-balik dalam rentang waktu saat Tom dan Summer bersama, disampaikan dalam struktur yang bukan sekedar linear story telling. Sayang, penampilan pemeran pendukung tenggelam karena kegemilangan para pemeran utama.

Menawan, segar, dan lucu, (500) Days of Summer menghadapkan kita pada takdir, ketertarikan, gairah, hati yang patah, dan kegigihan akan sebuah harapan. Sebuah romantic comedy yang direkomendasikan oleh Resensi Film Bagus.

Sutradara : Marc Webb
Skenario : Scott Neustadter, Michael H. Weber
Pemain : Zooey Deschanel, Joseph Gordon-Levitt, Geoffrey Arend

http://www.usatoday.com/life/movies/reviews/2009-07-16-500-days-of-summer_N.htm?csp=IMDBreviews

No comments:

Post a Comment