Stone, Sebuah Ambigu Moral

Resensi Film Bagus sangat antusias dengan film berjudul Stone ini karena 2 aktor watak jempolan bermain di sini, Robert De Niro dan Edward Norton. Ekspektasi pun melambung, sekaligus bertanya-tanya, akankah duet ini sehebat kombinasi De Niro - Al Pacino dalam Righteous Kill?

Inti cerita Stone merupakan sesuatu yang klasik dalam subgenre drama kriminal/penjara. Sutradara John Curran dan penulis Angus Maclahlan mencoba menggali kaburnya garis batas antara aparat penegak hukum dan penjahat. Yang mungkin membedakan dengan drama kriminal lain adalah spektrum spiritual yang menyelimuti cerita ini.
De Niro berperan sebagai Jack Mabry, seorang perwira penjara yang sudah di ambang pensiun. Tetapi, sebelumnya dia harus me-review sebuah kasus rumit yang melibatkan penjahat pembakar (arsonist) bernama Gerald "Stone" Creeson (diperankan dengan amat bagus oleh Norton). Melihat kaliber kedua aktor ini, seharusnya kita melihat adu karakter yang kuat dan menarik. Tetapi kedalaman karakter mereka justru tidak terasa.

Cerita menjadi lebih rumit dengan kehadiran istri Stone yang licik, Lucetta (Milla Jovovich), yang melakukan segalanya untuk membantu Stone. Ada juga istri Mabry yang religius, Madylyn (Fances Conroy, yang penampilannya sulit untuk dihargai). Mulai dari sini, cerita berkelindan antara Stone dan istrinya dengan Mabry untuk saling mempengaruhi. Masa lalu Mabry yang secara lahiriah terlihat religius (ditambah dengan istrinya yang memang religius) membuat Stone melakukan pendekatan yang sama terhadap Mabry. Kita akan terus bertanya-tanya, siapakah yang berhasil menanamkan pengaruhnya?

Masalah dalam film ini adalah kebosanan penonton. Ya, walaupun dialognya bagus dan scene yang dihadirkan amat menyengat, ada kemungkinan anda akan bosan menonton film ini. De Niro tetap tampil amat natural, Norton tetap mempesona seperti biasa, tetapi apa yang seharusnya mereka lakukan dan ucapkan tidak terlalu istimewa. Rasanya, ini bukanlah penampilan terbaik mereka.

Well, memang ini film yang cukup bagus tetapi jangan samakan dengan duet De Niro - Pacino seperti sudah disinggung di awal resensi ini.

Sutradara : John Curran
Skenario : Angus MacLachlan
Pemain : Robert De Niro, Edward Norton, Milla Jovovich, Frances Conroy

No comments:

Post a Comment