Due Date, Panggung Downey, Jr Dan Galifianakis

Walaupun berjudul Due Date, film ini lebih banyak bercerita tentang chemistry antar pemerannya, bukannya tenggat waktu. Ikatan bersifat sentimen dan rasa "sebal" antara Robert Downey, Jr tegang dan Zach Galifianakis yang ceroboh membuat film ini bagaikan sebuah tim sepakbola yang selalu menang. Jika bukan  karena daya tarik komikal dari Downey dan Galifianakis, Due Date hanya akan menjadi pengulangan film-film komedi bertema road trip lainnya.
Sutradara Todd Phillips menegaskan bahwa ini adalah komedi dengan adegan pertemuan kedua tokoh utama secara tidak sengaja. Dari sini, humor-humor berluncuran seiring dengan berjalannya plot. Jenis komedi yang dihadirkan amat familiar: slapstick, mabuk ganja, dan lelucon jorok, termasuk seekor bulldog yang "bermain" dengan dirinya sendiri.

Downey bermain sebagai Peter, pria congkak yang istrinya (Michelle Monaghan) akan melahirkan. Peter harus pulang ke Los Angeles dari perjalanan bisnis di Atlanta. Di saat itulah dia bertemu dengan Ethan (Galifianakis) yang gila dan slengekan. Walaupun Ethan membawa marijuana, mereka bisa lolos dari pemeriksaan airport karena Ethan mengklaim marijuana itu sebagai obat glaukoma yang dideritanya. Tetapi mereka tetap tidak bisa terbang setelah terlibat keributan di dalam pesawat. Peter pun harus rela melakukan perjalanan darat bersama Ethan menggunakan mobil sewaan.

Adegan saat Ethan "mengisi ulang" obat glaukomanya salah satu yang terlucu. Dia juga berduka atas kematian ayahnya dan menyimpan abu jenazah sang ayah di kaleng kopi lalu membawanya ke mana-mana. Adegan tentang ini ternyata cukup mengocok perut.

Scene yang melibatkan petugas perbatasan Mexico berlangsung terlalu lama dan agak tidak masuk akal. Dalam dunia nyata, kedua orang ini pasti sudah diburu petugas. Dialog lucu, ironis dan sarkartis terjadi ketika mereka dituduh akan masuk ke Meksiko secara ilegal. Peter berkeras dan menjawab, "I've never heard of anybody trying to sneak into Mexico."

Sarkasme ala Downey inilah yang membuat Due Date enak ditonton. Begitu juga penampilan komikal yang prima dari Galifianakis. Seperti sudah disebutkan di awal resensi, chemistry keduanyalah yang membuat Due Date menjadi sebuah unik dan bagus.

Sutradara : Todd Phillips
Skenario : Alan R. Cohen, Alan Freedland, Adam Sztykiel, Todd Phillips
Pemain : Robert Downey Jr., Zach Galifianakis, Michelle Monaghan

http://www.usatoday.com/life/movies/reviews/2010-11-05-Duedate05_ST_N.htm?csp=IMDBreviews

No comments:

Post a Comment