The Disappearance of Alice Creed , Sindiran Inggris Untuk Hollywood

The Disappearance of Alice Creed menyuguhkan adegan pembuka yang rapi dan menceritakan hampir semuanya tentang film ini. Dengan efisien, 2 pria menyiapkan sebuah penculikan. Mereka menaruh alas tidur di sebuah van. Memasang lapisan karet di dinding kamar. Membaut pintu dan tempat tidur. Lalu, mereka berpakaian seperti polisi dan menggotong seorang perempuan ke dalam van tadi. Mereka membawanya ke dalam kamar. Mengikatnya ke tempat tidur. Melolosi bajunya. Memotretnya dalam keadaan telanjang, memakaikan bajunya lagi, lalu menyelipkan bantal di bawah kepala si perempuan. Kemudian, 2 pria ini pergi.
Film ini adalah sebuah drama Inggris yang hanya dimainkan oleh 3 orang dan berbudget rendah tetapi mempunyai kualitas sebaik film mahal yang melibatkan ratusan orang di dalamnya. Seperti yang terlihat di adegan pembuka, film ini amat lincah dan amat ekonomis.

Tiga karakter dalam film ini adalah Vic (Eddie Marsan), Danny (Martin Compston), dan Alice Creed (Gemma Arterton). Alice adalah anak orang kaya yang diculik demi uang tebusan.

Kita tidak akan menemui keluarga korban yang khawatir, atau serombongan polisi yang berusaha keras memecahkan kasus karena plot film ini memang bukanlah tentang kedua hal itu. Film ini murni bercerita tentang 2 penculik jahat dan seorang korbannya yang amat tangguh. Interaksi mereka adalah suguhan utamanya dan disajikan secara "devilish".

J. Blakeson melakukan debut penyutradaraan yang amat baik dalam film yang skenarionya dia tulis sendiri ini. Dia menjatuhkan "bom kejutan" di banyak tempat yang amat tidak diduga penonton. 3 orang pemain bekerja sangat baik dalam memainkan karakter-karakter mereka dan perkembangannya sepanjang film: Alice yang keras kepala, Vic yang sangat intens, dan Danny si penggugup. Cerita pun berkembang menjadi balas dendam.

Layaknya sebuah konser musik, Blakeson memberi 3 aktor ini kesempatan untuk melakukan solo dengan instrumen masing-masing. Hasilnya, kita seolah diingatkan bahwa skenario yang ketat, filmmaker yang cerdas, dan 3 aktor brilian sudah cukup untuk membuat film yang memukau. Rasanya, The Disappearance of Alice Creed adalah sebuah sindiran Inggris terhadap Hollywood yang gemar membuat film "megah" walaupun tidak semuanya bagus.

Sutradara : J Blakeson
Skenario : J Blakeson
Pemain : Gemma Arterton, Eddie Marsan, Martin Compston

sumber:http://www.sfgate.com/cgi-bin/article.cgi?f=/c/a/2010/08/06/MVDM1EOASI.DTL

No comments:

Post a Comment