Inception, Jangan Pernah Tidur Lagi

Dalam Inception, sutradara/penulis Christoper Nolan tidak hanya mengukuhkan dirinya sebagai pembuat film paling inovatif tetapi juga sukses membuat sebuah genre baru bernama thriller surealis atau epic action invasi mimpi. Apapun namanya, Inception mempunyai cerita yang teramat sangat kompleks. Dom (Leonardo DiCaprio) adalah seorang pencuri yang bisa memasuki mimpi orang lain, menjelajah alam bawah sadar terjauh dan menggali rahasia-rahasia tergelap.

Biasanya, film-film Hollywood merendahkan kecerdasan penontonnya. Tetapi, Nolan sebaliknya. Dia menganggap penonton memiliki intelektualitas yang tinggi atau setidak-tidaknya sanggup berusaha untuk mencapai level intelektualitas yang mumpuni.
Aksi-aksi dalam Inception kebanyakan terjadi dalam alam bawah sadar karakternya dengan bumbu halusinasi visual. Yang paling mengejutkan adalah ledakan di jalan di Paris, kereta yang meluncur deras di Los Angeles, dan pergumulan di udara berlokasi di koridor sebuah hotel.

Berbagi mimpi dengan orang lain sudah merupakan ide yang aneh untuk sebuah film. Ini ditambah dengan Dom yang mencoba menanamkan ide dalam mimpi orang lain. Orang-orang yang membantu Dom adalah para ahli (dan diperankan dengan sangat baik). Ada perencana bernama Arthur (Joseph Gordon-Levitt), Ariadne (Ellen Page) adalah seorang mahasiswa arsitektur brilian yang mendesain dunia dalam mimpi orang lain, Eames (Tom Hardy) adalah pemalsu yang menciptakan gambar-gambar dalam mimpi, dan Yusup (Dileep Rao) yang bertanggungjawab untuk "menidurkan" korban.

Cillian Murphy bermain sebagai Fischer, seorang target yang mimpinya akan diinfiltrasi atas perintah dari Saito (Ken Watanabe). Istri Dom yang misterius, Mal, dimainkan oleh Marion Cotillard. Ayah Mal, Miles (Michael Caine) adalah orang yang mengajari Dom memasuki keadaan mengantuk orang lain.

Jika bingung menonton film ini, maka anda tidak sendirian. Menonton Inception tidaklah semudah membaca resensi filmnya. Butuh konsentrasi penuh dan bahkan beberapa adegan harus anda ulang untuk memahami maksudnya.

Nolan berhasil menyuguhkan jalinan cerita yang luar biasa bagus. Tetapi, kita sulit untuk terhubung secara emosional dengan film ini karena kita terlalu sibuk memahami plotnya. Inception mudah dikagumi tetapi sulit untuk membuat kita merasa tersentuh dengan jalan ceritanya. Bagaimanapun, Resensi Film Bagus sangat merekomendasikan Inception.

Sutradara : Christopher Nolan
Skenario : Christopher Nolan
Pemain : Leonardo DiCaprio, Joseph Gordon-Levitt, Ellen Page, Tom Hardy, Dileep Rao, Cillian Murphy, Marion Cotillard, Michael Caine, Ken Watanabe

4 comments:

  1. Kayaknya bagus juga nih film .. btw ok sobat dg senang hati linknya akan saya pasang juga ya..

    ReplyDelete
  2. *garuk2kepala* gak kebayang klo musti nonton film ini di bioskop (ga ada tombol preview nya)... untung saja nonton dvd dirumah ditemani suami yg doyan nonton, akhirnya film inception sukses tercerna... thanks buat review film nya...

    ReplyDelete
  3. wah, pasti seru ya nonton sama suami......:) makasih udah mampir..

    ReplyDelete