The Hurt Locker, Ketika Perang Adalah Candu

Banyak film yang dibuka dengan kutipan puitis tetapi The Hurt Locker dibuka dengan sebuah pernyataan yang disajikan sebagai fakta:"War is a drug." Tentu saja ini tidak berlaku untuk semua orang. Kebanyakan tentara ingin segera melaksanakan tugasnya dan kembali pulang. Berbeda dengan pahlawan di film ini, William James, yang mempunyai pekerjaan berbahaya tetapi menganggapnya sebagai sebuah kesenangan sehari-hari. James adalah penjinak bom di perang Irak dan bukanlah pahlawan penuh aksi. Dia bekerja layaknya dokter bedah yang fokus pada satu bagian tubuh. Dia juga sangat memahami bon luar dalam dan bisa menyelami pola pikir orang yang membuat bom.

William James dimainkan oleh Jeremy Renner yang tampil memukau. Penampilannya tidak berdasarkan pada dialog yang kuat tetapi lebih sebagai proyeksi mendalam tentang karakter yang dimainkan dan apa yang dia rasakan. William James juga seorang yang kompulsif, terkadang ceroboh, dan senang menempatkan dirinya dalam bahaya.

Orang paling penting dalam hidup James adalah JT Sanford (Anthony Mackie), kepala tim pendukung yang mendampingi James. Sanford dan anak buahnya menyediakan tembakan perlindungan, mengawasi atap gedung dan melumpuhkan sniper, serta membantu James mengenakan peralatannya. Sanford mengawasi semuanya dan memastikan James bekerja dengan tenang.

Sanford yang selalu mengikuti aturan sangat berbeda dengan James yang ceroboh dan selalu menantang bahaya. Ini membuat mereka sering berselisih tetapi, uniknya, tetap profesional dan mampu menjalankan tugas.

Sutradara Kathryn Bigelow sukses menghadirkan suspense yang nyata. Dengan memfokuskan karakter-karakter kuat di tengah medan perang nan berbahaya, suspense yang dihadirkan benar-benar terasa tanpa menjadi berlebihan. Hal ini juga ditunjang pengambilan gambar yang bagus. Banyak shot yang diambil dalam durasi lama untuk menghadirkan ketegangan.

Dengan 6 Oscar yang diraih (termasuk untuk Bigelow), tentu saja Resensi Film Bagus sangat merekomendasikan The Hurt Locker.

Sutradara : Kathryn Bigelow
Skenario : Mark Boal
Pemain : Jeremy Renner, Anthony Mackie, Brian Geraghty
Rating : 3.9/5

No comments:

Post a Comment