The Girl With The Dragon Tattoo, Masterpiece Dari Skandinavia

Tidak perlu menunggu versi Hollywood dari The Girl With The Dragon Tattoo (selanjutnya disebut Tattoo) yang didasarkan pada novel best seller berjudul sama. Novel karya Stieg Larsson memang sempurna untuk dijadikan film thriller. Disutradarai oleh Niels Arden Oplev, Tattoo amat mempesona dan sudah menjadi hit di Eropa.

Tattoo adalah versi gothic dari Silence of the Lambs dengan cita rasa Seven, film-film memorable tentang pembunuhan berantai oleh psikopat. Rasa khas ala Skandinavia dan ensemble cast yang terlihat seperti  orang biasa  membuat Tattoo menjadi "believable".
Cerita berpusat pada hacker komputer androgini Lisbeth Salander (Naomi Rapace dalam penampilan yang memukau) dan jurnalis Mikael Blomkvist (Michael Nyqvist) yang bekerja sama menyelidiki hilangnya seorang anggota keluarga yang kaya dan berpengaruh. Mikael - yang kalah dalam suatu kasus di pengadilan - hanya punya beberapa bulan sebelum masuk penjara. Dia lalu dihubungi oleh seorang milyuner Henrik Vanger (Sven-Bertil Taube yang tampil sangat ekspresif). Henrik memuja keponakannya Harriet yang hilang beberapa tahun yang lalu dalam sebuah acara keluarga di pulau terpencil milik klan Vanger. Henrik yakin Harriet dibunuh oleh anggota keluarga yang serakah. Lisbeth bergabung dengan Mikael - setelah melalu kejadian aneh - melakukan penyelidikan.

Mikael dan Lisbeth menjadi duet yang unik. Lisbeth berusia 20an, punya tindik di mana-mana, dan bermental tidak stabil. Sementara Mikael adalah pria kelelahan yang sudah setengah baya. Tetapi mereka bisa saling mengisi dalam penyelidikan dan berhasil mengungkap serangkaian pembunuhan dan juga sejarah kelam nan mengerikan sebuah keluarga.

Beberapa adegan, terutama yang melibatkan kekerasan dan perkosaan, sangat sulit untuk dilihat dan membuat Tattoo menjadi agak berat. Walau relasi antara Lisbeth dan Mikael bisa dikembangkan lagi dan beberapa plot agak dibuat-buat, film ini masuk kategori wajib tonton.

Sutradara : Niels Arden Oplev
Skenario : Nikolaj Arcel, Rasmus Heisterberg
Pemain :Michael Nyqvist, Noomi Rapace, Ewa Fröling

3 comments: